Minggu, 14 November 2010

Balada Cinta Pertama (part. 2)

Ini kisah lanjutan dari postingan gue sebelumnya. Balada Cinta Pertama (part. 1).
Awalnya gue berniat menulis ini nanti-nanti ajah, tapi curiga niat keburu pudar, mending tulis sekarang.
Publish kapan-kapan. Hahaha..

Nah nah.. apa yang terjadi?
Tidak terjadi apa-apa dengan si Albert.
Gak seperti si Odonk bilang ada adegan jatuh di tangga berpandang-pandangan segala.
Korban sinetron dia ternyata. ckck..

Dia duduk di pinggir kolam ikan bokap gue dan "BAAA" tadi dimaksudkan untuk ngagetin gue. Becandanya gak mutu.
Dia yang lebih kaget sama "BAA" yang gue keluarkan.

Albert, setahu gue dia pada saat itu udah kelas 5 atau 6 SD.
Kita agak takut-takut main sama dia awalnya, karena kita masi secuil upil semua.
Dia sama Vera yang udah rada gede, sisanya upil.
Gue sendiri, si upil bongsor, menginjak kelas 1 SD pada saat itu.
Hampir setiap kali kita main sama dia, dia selalu pake baju bergambar "Harley Davidson".
Atau cuma baju itu yang nempel di ingatan gue, ya gak tau juga.
Dia berkacamata.
Badannya setengah gempal dan tinggi.

Malam itu, seusai "BAA-BAA'' gak penting itu, kita main sepak bola pake bola basket.
Aneh memang, iya ngerti kok.
Tenang, bolanya kecil. Apa kabar jempol kaki gue kalo itu bola basket ukuran standard.
Karena gue gak boleh keluar rumah, kita main di dalem kolam ikan tadi.
Tenang, gue tahu ini aneh lagi. Tapi kolam itu udah dikosongin.
Ikan dan airnya udah gak ada.
Seinget gue bolanya sering keluar kemana-mana karena kita lebih banyak ketawanya daripada nendangnya. Gak tau ngetawain apaan.
Nyokap gue sempat minta dia pulang karena ternyata kita main sepak basket tadi sampe jam 10an. Dia gak mau, jadilah nyokap merekomendasikan mainan di dalam.
Mainan andalan guepun dikeluarkan. PUZZLE! hahaha..
Jadilah kita pindah lokasi, main puzzle di lt.2 rumah gue.
(kayak rumah gue ada banyak aja lantainya).
Tau-tau emaknya Yohan Raymon, 10 look brothers tadi, datang untuk jemput si Albert pulang. Kita sempet liat nyokap gue ngobrol, ngintip dari atas.
Dimana ketika Albert pulang, gue baru tau apa yang dibicarain mereka tentang Albert.

Setelah hari itu kita jadi sering main.
Dia jadi sering ke rumah gue. Gue yang dulu ceritanya tukang bengek (baca : penyakitan), sering gak bisa main di luar sering-sering. Makanya stock puzzle gue lumayan banyak. Bekal mangkal di rumah. haha..
Dia yang jadi sering nemenin gue main. Walau puzzle-puzzle itu rasanya udah dibongkar berkali-kali dan saking seringnya udah gak usah mikir lagi kalo mau pasang balik.

Kita dulu takut kalo ditantang main bulu tangkis sama dia, alasannya dia tinggi dan lebih jago. Apalagi gue, main bulutangkis sama aja main tepok angin.
Kasihan juga orang yang main sama gue.
Tapi dia pede main sama gue (pede??). Sore-sore dia dateng bawa dua raket dan kok.
Gue ogah main dan ngerengek-rengek minta main puzzle aja.
Dia bujukin gue sampe akhirnya gue turun dan main.
Entah jadinya mainnya gimana, gue udah lupa.
Tapi gue jadi gak takut lagi main sama dia atau main sama temen-temen gue yang lain.

Pernah suatu hari si Anton kupret kedatengan saudara sepupunya yang usianya sepantar sama si Albert. Anton dan beberapa anak yang lainnya berniat mengajak Albert ikut main bola ama sepupu Anton yang lagi entah mengapa ngartis banget hari itu.
Mereka teriak-teriak manggilin Albert yang pada saat itu lagi main puzzle di... apa itu namanya? balkon?
Yah itu lah ya.
Mereka bujukin si Albert supaya ikutan main bola ketimbang main puzzle.
Awalnya Albert berniat ngumpet dan nyuruh gue bilang kalo dia gak ada di rumah gue.
Apa daya, si Anton kupret pret pret bilang, "bohong, tuh ada sendalnya di bawah!".
Ternyata mereka udah ngecek sendalnya Albert.
Akhirnya Albert muncul dari persembunyiannya, yang semula jongkok dibalik tembok.
Gue cuma inget dia ngomong gini, "Gak ah Ton, gue main sama Devi aja".
Dalam hati gue, makan tuh Ton. hahaha.. (mungkin bahasa gue pada saat itu beda, tapi gue yakin maknanya sama! hahaha)
Gue dari kecil memang udah kurang ajar.
Kita balik main puzzle sambil nonton Tv.
Gue yakin Anton gondok. Hahahaha..

Orangtua gue kerja dua-duanya.
Di rumah yang biasa berdua sama mbak Ami, belakangan jadi bertiga sama Albert.
Pernah si embak nyuruh dia pulang, mungkin bosen juga. Mana tau, yakan?
Udah waktunya gue tidur siang.
Tapi sebelumnya gue disuruh makan obat.
Macam serbuk antibiotik buat penangkal radang tenggorokan gue.
Dia ngebujuk embak Ami supaya dia dikasih obat juga seperti yang harus gue makan.
Akhirnya dia di kasih vitamin.
Begitu pula dengan gue.
Dan gue telen antibiotik pahit yang akhirnya karena udah sering, jadi gue suka baunya.
Dan bahkan rasanya.
Gue semangat 45 makan obat, karena berasa ada orang lain selain gue yang harus makan serbuk pahit itu. Gue ada teman seperjuangan. Yes!
Dia janji habis makan obat, dia pulang.
Ternyata tidak.

Dia bikin perjanjian baru sama mbak Ami, "Saya pulang kalo Devi udah tidur, mbak".
Dan sepanjang ingatan gue, dia masih buka tutup pintu kamar gue sampe diomelin si embak. Karena gue malah jadi gak tidur-tidur.
Itu terakhir dia ke rumah gue.

Esok harinya gue pindahan.
Dia malah main sepeda sama Anton dan gendong-gendong anak kucing.
Dikasih nama Fani.
Habis itu dia kenalin kucingnya yang baru mungut itu, dia gak ngomong lagi.
Cuma sliweran lewat-lewat pake sepedanya sama si Anton.
Habis itu gue naik pick up bareng sama nyokap untuk berangkat duluan.

Kalo gue sekarang, mungkin gue gak akan tidur siang hari itu.
Kalo bisa diinget-inget, gue pengen tau dulu gue bisa ngobrol apa sama dia?
Apa yang bisa diobrolin sama anak kelas 6 bareng sama anak kelas 1?
Karena cuma 3 kalimat dia yang bisa gue inget,
"BAAA"
"Gak ah Ton, gue main sama Devi aja"
"Saya pulang kalo Devi udah tidur, mbak".

Gue masih bisa inget sedikit-sedikit dia yang ngajak gue main bulutangkis, main puzzle, main sepak basket, makan vitamin, ngintip gue udah tidur apa belom, bahkan waktu dia duduk dipinggir kolam nenangin nafasnya sehabis kaget denger teriakan "BAA" gue.

Dia pake kaos harley davidson warna merah marun.
Kacamatanya yang framenya hitam (walau agak oval, gak sekeren kacamata sekarang).
Badannya yang agak gempal.
Dan gue memanggil dia, "albet kampret".
Albet, bukan Albert.

Demikianlah sepenggal cerita romansa jaman baheula yang apik tersimpan di kepala gue yang besar ini.

Davy,
memutarlagucinta,
sambilbelajaruts.
*gaknyambung*

2 komentar:

  1. wahhhhhhhhhh
    seru sekali
    ternyata itu toh alasannya
    berniat nyari dia kembali nggak?

    BalasHapus
  2. kok akhrnya ga happy ending sih??? *korban sinetron juga :D

    BalasHapus